Jumat, 05 Mei 2017

Dalam Islam Keluar Dan Masuk Rumah, Ada Adabnya Loh!

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgQs8insBdHC6RSory7H53GKp7un7QGzyf4UylHtx2VsZ-AXfJS-LEYmSIJviYK9va2yp_fqo_UfFimaczkyIRxOKm3gTowKs_jB6viyqj9vavFEt5FzH4-oX1fWT5BM9ryKJMpyi-fgHTQ/s1600/gambar-pintu-rumah-minimalis-7.jpg



MASUK dan keluar rumah meruapkan hal yang lumrah yang sering kita lakukan. Jika kita akan melakukan aktivitas di luar seperti, bersekolah, belanja, dan lain sebagainya. Tentunya, kita harus keluar rumah, yakan!
Tidur, berkumpul dengan keluarga, dan semua aktivitas yang dilakukan di dalam rumah. Tentunya, kita harus masuk ke dalam rumah tentunya, dong.

Ketika kita mencari rezeki  dari Allah SWT, kebanyakan dari kita akan keluar rumah. Hanya sebagian kecil dari kita yang melakukan pekerjaan di dalam rumah. Tentunya, mau tidak mau kita harus keluar rumah.
Ini dia, tuntunan yang contoh Rasulullah ﷺ ketika keluar dan masuk rumah.

Pertama, doa keluar rumah.

Rasulullah ﷺ bersabda, ”Dengan menyebut nama Allah, aku berserah diri kepada-Nya. Ya  Allah, aku berlindung kepada-Mu dari menyesatkan orang atau disesatkan, menggelincirkan orang atau digelincirkan, menzhalimi orang atau dizhalimi, serta membodohi orang atau dibodohi,” (Al-Jami – Shahih).



Kedua, adab ketika masuk rumah. Ini dia,

1. Dzikir kepada Allah SWT saat masuk rumah.
Rasulullah ﷺ bersabda, “Jika seseorang memasuki rumahnya lalu dia berdzikir kepada Allah SWT saat masuk rumah dan saat makan, setan berkata, ‘Tiada tempat bermalam dan makanan bagi kalian’,” (HR. Muslim).

2. Bersiwak. Ada yang bertanya kepada Aisyah RA, “Apa yang pertama kali Nabi lakukan ketika memasuki rumahnya?” Aisyah RA menjawab, “Beliau bersiwak,” (HR. Muslim).

3.Mengucapkan salam. Allah SWT telah berfirman, “Apabila kamu memasuki rumah, hendaklah kamu memberi salam kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik,” (QS. An-Nur: 61).

Sumber | republished by (YM) Yes Muslim !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar