Kamis, 04 Mei 2017

Sering Berdzikir Tapi Hati Tidak Tenang ? Mungkin Ini Sebabnya...




  Yes  Muslim  - BANYAK surat dalam al-Quran yang memerintahkan kita untuk berdzikir. Allah telah memanggil kita untuk senantiasa dzikir kepada-Nya. Sesungguhnya dengan mengingat Allah-lah hati kita akan menjadi tenang dan damai. Ini sesuai dengan firman Allah,

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram”. (QS. Ar-Raad : 28)

Namun, bagaimana jadinya jika kita telah berdzikit tapi tetap tidak tenang? Mari kita renungkan. Seringkali kita berdzikir hanya sekadar melafadzkan doa-doa tertentu tanpa tahu makna dan tanpa mengaplikasikannya.

Mengingat Allah bukanlah hanya sekadar membaca doa-doa tertentu kemudian tetap melakukan kemaksiatan demi kemaksiatan. Tapi, mengingat Allah di sini adalah ketika kita yakin dan sadar bahwa Allah begitu dekat dengan kita. Allah mengetahui segala apa yang kita lakukan di dunia ini.


Tetapi, sebagian dari kita menyempitkan pemahaman mengenai dzikir ini sendiri. Dzikir atau mengingat Allah banyak diartikan dengan membaca doa-doa atau wirid dengan dibatasi jumlah tertentu. Tidak ada yang salah dengan doa-doa pilihan yang dibaca berulang-ulang, namun apalah arti  sebuah ucapan yang kita ucapkan berulang-ulang jika tidak berdampak pada ketaatan pada Allah.

Penyempitan makna dari dzikir ini sendirilah yang membuat hati kita tetap terasa resah walau ribuan doa sudah kita lantunkan. Karena ternyata, hanya lisan yang bekerja. Kita tidak melibatkan hati ketika mengingat-Nya. Inilah yang kurang benar. Ketika banyak doa yang terlantun, namun hati kita lalai dari mengingat bahwa Dia dekat dan melihat segala apa yang kita kerjakan.



Terima Kasih sudah membaca, Jika artikel ini bermanfaat, Yuk bagikan ke orang terdekatmu. Berbagi informasi bermanfaat juga termasuk amal loh .... Sekaligus LIKE fanspage kami juga untuk mengetahui informasi menarik lainnya @Tahukah.Anda.News


ADA BERITA MENARIK ! 
SCROLL KE BAWAH ! 


Sumber | republished by Yes Muslim - Portal Muslim Terupdate !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar